Pengertian dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

ILMU SOSIAL DASAR 
  • Pengertian Ilmu Sosial Dasar 
  Ilmu sosial mempunyai visi “berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka, dan arif dalam memahami keragaman, keseteraan, dan kemartabatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika, dan moral dalam kehidupan ber masyarakat. Ada pun misi nya adalah memberikan landasan dan wawasan yang luas, serta menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman, kesetaraan, dan kemartabatan  manusia dalam kehidupan ber masyarakat selaku individu dan makhluk sosial yang beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungannya." 
  Ilmu sosial bukanlah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri melainkan suatu rangkaian pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya, dan masalah-masalah terwujud daripadanya. pada prinsipinya seabagai pengantar dasar menuju pengalaman teori ilmu-ilmu sosial dan kebudayaan. bersifat multidispliner tentang kergaman, keseteraan, dan kemartabatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
 Source by: book SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR by PROF. DR. SOERJONO SOEKANTO, DRA. BUDI SULISTYOWATI
  • Tujuan Ilmu Sosial Dasar
1. Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesetaraan, kemartabatan, dan kebebasan, serta keterikatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
2. Menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif dalam memahami keragaman, kesederajatan, dan kemartabatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika, dan moral dalam kehidupan bermasyarakatan.
3. Memberikan landasan pengetahauan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan makhluk sosial yang beradab dalam mempraktikkan dalam pengetahuan akademik dan keahliannya dan mampu memecahkan masalah sosial budaya secara arif. 
    Tujuan ini lebih luas dimaksudkan membentuk kepribadian mahasiswa yang memiliki cakrawala, berpikir yang analitis, dialektik, inovatif, persuasif, dan  terampil dalam mengimplementasikan kreasinya pada masyarakat secar relevan.
 Source by: book SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR by PROF. DR. SOERJONO SOEKANTO, DRA. BUDI SULISTYOWATI
 
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 
Apa itu Ilmu Pengetahuan Sosial?
      Menurut Hidayati (2008:7) mengatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu pendekatan interdisipliner dari pelajaran Ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya. Pendapat yang hampir sama juga ditegaskan oleh Taneo (2009:1.8) yang menjelaskan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan hasil perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, dan politik. Mata pelajaran tersebut mempunyai ciri-ciri yang sama, oleh karena itu dipadukan menjadi satu bidang studi yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Menurut Depdiknas dalam ”Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006” (2008:162) disebutkan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan
salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai pada jenjang SMP/MTs/SMPLB. Ilmu Pengetahuan Sosial mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

Berdasarkan dari berbagai pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan ilmu kajian tentang kahidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinterkasi dengan lingkungannya. Dengan kata lain bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki kajian yang sangat kompleks tentang kehidupan manusia dan lingkungannya berserta aspek-aspek kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena itu peserta didik yang merupakan bagian dari masyarakat perlu diberikan menguasai Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai bekal hidupnya kelak.
 Source :  https://silabus.org/ilmu-pengetahuan-sosial/
 
Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial :
    Setiap mata pelajaran yang diberikan di sekolah memiliki tujuan yang berbeda-beda. Menurut Departemen Pendidikan Nasional (2008:162) tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah agar siswa memiliki kemampuan:
1. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
2. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, bekerja sama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan tingkat global.
Source :  https://silabus.org/ilmu-pengetahuan-sosial/
 
Berikut merupakan Persamaan dari Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
a. Keduanya merupakan bahan studi atau bahan ajar guna kepentingan program pendidikan atau pengajaran
b. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan pengetahuan sosial
c. Keduanya bukan berada dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri
Source : https://brainly.co.id/tugas/11135106

RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR 
  • Pengantar ilmu sosial dasar ;
a. Hakikat dan ruang lingkup Ilmu sosial 
b. Ilmu Sosial Dasar sabagai berkehidupan masyarakat dan pendidikan umum 
c. Ilmu Sosial Dasar sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya 
  • Manusia sebagai makhluk hidup :
a. Hakikat manusia seabagai makhluk budaya
b. Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan 
c. Etika dan estetika budaya
d. Memanusiakan  menusia melalui pemahaman konsep-konsep dasar manusia
e. Problematika kebudayaan 
  • Manusia sebagai individu dan makhluk sosial 
a. Hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial 
b. Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan makhluk sosial 
c. Dinamika interaksi sosial
d. Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan
  • Manusia dan peradaban :
a. Hakikat peradaban 
b. Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab 
c. Evolusi budaya dan wujud peradaban dalam kehidupan sosial buday 
d. Dinamika peradaban global 
e. Problematika peradaban pada kehidupan manusia 
  • Manusia, keragama, dan kesetaraan :
a. Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia 
b. Kemajemukkan dalam dinamika sosial dan budaya 
c. Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sera solusinya dalam kehidupan masyarakat dan negara.
  • Manusia, nilai, moral, dan hukum dalam domain akhlak mulia :
a. Hakikat, fungsi, dan perwujudan nilai, moral, dan hukum dalam kehidupan manusia, masyarakat dan negara 
b. Keadilan, ketertiban, dan kesejahteraan sebagai wujud masyarakat yang bermoral dan mentaati hukum 
c. Problematika nilai, moral, dan hukum dalam masyarakat dan negara 
  • Manusia, sains, teknologi, dan seni:
a. Hakikat dan makna sains, teknologi, dan seni bagi manusia 
b. Dampak penyalahgunaan IPTEKS pada kehidupan sosial dan budaya 
c. Problematika pemanfaatan IPTEKS di Indonesia 
  • Manusia dan lingkungan :
a. Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia
b. Kualitas penduduk dan lingkungan terhadap kesejahteraan manusia 
c. Problematika lingkungan sosial budaya yang di hadapi masyarakat 
d. Isu-isu penting tentang persoalan lintas budaya dan bangsa 
    Secara umum dapat disimpulkan adalah tentang eksistensi, esensi, dan substansu terkait umat, ekologi, keilmuan, akhlak, etika, variasi dan perubahan budaya (peradaban), hak dan kewajiban serta berbagai alternatif solusi masalah kehidupan. 
Source by: book SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR by PROF. DR. SOERJONO SOEKANTO, DRA. BUDI SULISTYOWATI
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar